Sunday 16 March 2014

Analisa Kuantitatif : Standarisasi Internal

Untuk menentukan konsentarsi etanol dalam sampel anggur tertentu dengan menggunakan propanol sebagai internal standar dan untuk membandingkan hasil dengan teknik eksternal standar.
Kondisi Instrumen
Temperatur kolom:900C
Rotameter– polar :1,7
Range: 1 K
Integrator:
- ATT 2:6
- CHT SP:1,00
- AR REJ: 5000
Metode
  1. Siapkan larutan kalibrasi berikut terdiri dari etanol 0,0; 4,0; 8,0; 12,0; 16,0 vol%. Setiap larutan tersebut harus mengandung 20,0 vol% propanol
  2. Gunakan 1.0 mikroliter syringe yang bersih, dapatkan kromatogram dari larutan-larutan di atas dengan meggunakan HP 3390A Reporting Integrator
  3. Dari hasil yang diperoleh, buatlah dua grafik, satu adalah area puncak etanol vs konsentrasi etanol, dan yang lain adalah rasio area puncak etanol terhadap propanol vs konsentrasi etanol.
  4. Dapatkan sampel anggur dan siapkan larutan anggur yang mengandung konsentrasi propanol yang sama seperti dalam larutan kalibrasi.
  5. Kromatografikan larutan anggur rangkap tiga
  6. Tentukan, dengan menggunakan grafik kalibrasi, konsentrasi (vol%) etanol dalam sampel anggur yang asli.
  7. Jika Anda telah menentukan konsentrasi etanol, konseltasikan dengan asisten lab, kemudian analisa larutan anggur dengan menggunakan metode yang tersedia dengan integrator.
Diskusi
Bandingkan hasil yang diperoleh dengan menggunakan teknik standar internal dan standar eksternal dan perkirakan kesalahan dalam tiap kasus.

0 comments:

Post a Comment