Wednesday, 23 March 2011

Part Per Million (ppm) dalam ilmu kimia

kemaren ada temen saya bingung dengan cara konversi PPM. Bingung dengan hubungan dari PPM itu sendiri apa,oleh karena itu, saya mencoba mencari dan menggabungkan beberapa pengertian PPM di internet dan jadiin content ni blog. PPM atau nama kerennya “Part per Million” jika dibahasa Indonesiakan akan menjadi “Bagian per Sejuta Bagian” adalah satuan konsentrasi yang sering dipergunakan dalam di cabang Kimia Analisa. Satuan ini sering digunakan untuk menunjukkan kandungan suatu senyawa dalam suatu larutan misalnya kandungan garam dalam air laut, kandungan polutan dalam sungai, atau biasanya kandungan yodium dalam garam juga dinyatakan dalam ppm.

Seperti halnya namanya yaitu ppm, maka konsentrasinya merupakan perbandingan antara berapa bagian senyawa dalam satu juta bagian suatu sistem. Sama halnya denngan “prosentase” yang menunjukan bagian per seratus. Jadi rumus ppm adalah sebagai berikut;

ppm = jumlah bagian spesies / satu juta bagian sistem dimana spesies itu berada

Atau lebih gampangnya ppm adalah satuan konsentrasi yang dinyatakan dalam satuan mg/Kg, Kenapa? karena 1 Kg = 1.000.000 mg betul kan? Untuk satuan yang sering dipergunakan dalam larutan adalah mg/L, dengan ketentuan pelarutnya adalah air sebab dengan densitas air 1 g/mL maka 1 liter air memiliki masa 1 Kg betul kan? jadi satuannya akan kembali ke mg/Kg.

Contoh, kandungan Pb dalam air sungai adalah 20 ppm artinya dalam setiap Kg air sungai terdapat 20 mg Pb. Kandungan karbon dalam baja adalah 5 ppm artinya dalam 1 Kg baja terdapat 5 mg karbon. Air minum mengandung yodium sebesar 15 ppm, bisa diartikan bahwa setiap liter minum tersebut terdapat 5 mg yodium.

Jadi mudah bukan untuk memahami ppm?

Pengertian lain >>

‘ppm’ adalah ‘part per million’ bisa dalam volume (ppm volume) atau massa/berat (ppm mass/weight), yaitu satuan kadar atau konsentrasi. Kalau tidak disebut apa-apa (hanya ‘ppm’), umumnya diartikan sebagai ppm volume.

200 ppm volume berarti kadar / konsentrasi adalah 200/ 10^6 dalam volume; 200 ppm mass berarti kadar/ konsentrasi adalah 200 / 10^6 dalam massa.

ppm = part per million
ppm = mg/L (miligram per liter)
200 ppm = 200 mg zat terlarut dalam 1 liter pelarut (mis. pelarutnya air)

Kasusnya Umpama :
1 liter larutan memiliki pH 5 akan di natralkan sampai pH 7, untuk menetralkan di perlukan cousticdengan consentrasi 10% sebanyak 200 ppm berapa volume coustic yang harus di injeksikan pada larutan tersebut ??
jawab :

persamaan : V1 *N1 = V2 * N2
Dik :

V1 = 1 liter ( 1000 ml)
N1 = 200 ppm
N2 = 10 % = 100.000 kalau 100% = 1000.000.
Dit : V2 ?

Jawab : V2 = 1000 * 200/100.000 = 2 mL

berartidalam 1 liter larutan itu kita harus injeksikan 2 ml coustic dengan consentrasi 10% artinya costic yng kita injeksikan sama dengan 200 ppm.


ni ada link buat lebih mahamin tentang stoikiometri >> dasar stoikiometri.ppt
definisi ppm.doc

1 comment: