Tuesday 22 March 2011

Cara Agar Blog Cepat di Indeks Search Engine Google

Sebuah pertanyaan yang sering muncul dan di lontarkan oleh para newbie (seperti saya) saat pertama kali mengenal blog dan tau bahwa blog tidak muncul-muncul di search engine Google yang ternama itu.

Sebelum membahas tentang bagaimana cara agar blog cepat di indeks search engine Google, ada baiknya Anda tau Bagaimana cara search engine Google mengindeks blog kita. Pada prinsipnya Google mengindeks blog kita secara otomatis menggunakan Spider dan Crawl (Anda akan menemukan penjelasannya di halaman selanjutnya). Tidak seperti yang lainnya dengan mensubmit website atau blog ke direktori, dalam mengindeks sebuah website atau blog, google menggunakan cara otomatis. Jadi Anda haya perlu “menyediakan” apa-apa yang akan di indeks oleh spider dan Crawl Search Engine Google.
Baiklan.. agar nyambung dengan pembahasan cara agar blog cepat di indeks search engine Google yang harus anda lakukan adalah :

* Mensubmit website/atau blog Anda ke Google

Mensubmit website merupakah hal pertama yang harus di lakukan agar google kenal website atau blog Anda. Namun jangan hanya mensubmit URL website/blog saja, yang perlu Anda lakukan selanjutnya ialah memverifikasi website/blog Anda.

* Buat peta situs (sitemap) blog Anda


Submit-mensubmit URL mungkin juga sudah menjadi pekerjaan sehari-hari Anda. Hal lain yang perlu dilakukan adalah membuat peta situs (sitemap) blog Anda di Google. Untuk membuat peta situs silahkan ikuti cara dibawah:

1. Buka Webmaster dengan Akun Google Anda:
2. Pada Dashboard, klik Konfigurasi Situs
3. Klik Peta Situs .Cara Agar Blog Cepat di Indeks Search Engine Google
4. Klik tombol “Kirim Peta Situs” untuk mengirim peta situs website / blog Anda.
5. Akan muncul kotak pengisian sitemap. Isi dengan sitemap website/blog Anda

Untuk melihat URL spesifik yang masuk dalam indeks Google, lakukan penelusuran Google dengan mengetikkan di Google search: situs:[URL situs Anda].Cara Agar Blog Cepat di Indeks Search Engine Google

Bila seluruh laman Anda tidak ditampilkan pada indeks, Anda dapat:

* Melihat apakahGooglebot telah mengalami kesalahan saat merayapi laman tersebut
* Melihat apakah Anda memblokir akses dengan berkas robots.txt
* Masukkan situs tersebut dalam Peta situ Anda yang telah diperbarui simpan dan kirim ulang Peta Situs Anda ke Google .

Terakhir, sebelum artikel Cara Agar Blog Cepat di Indeks Search Engine Google ini disudahi yang perlu Anda tau juga;

Setelah Anda menjalankan langkah-langkah di atas yang harus Anda lakukan ialah selalu mengupdate dan mengupdate konten blog Anda dengan hal-hal yang baru sebab Google lebih menyenangi konten yang masih baru.

Jadi pada dasarnya agar blog di indeks oleh search engine Google cukup mudah; Anda hanya perlu mensubmit dan memverifikasi blog serta membuat sitemap blog Anda di Google. Dan di indeks oleh search engine Google merupakan langkah awal Anda untuk diterima Google Adsense

Demikianlah langkah-lankah yang perlu Anda lakukan agar blog cepat di indeks search engine Google. Saya harap Anda saat ini mulai paham setelah membaca artikel cara agar blog cepat di indeks search engine Google ini.

0 comments:

Post a Comment