Sunday 20 March 2011

Cara Mudah Menambahkan Tombol Bookmark di Blog Anda

Satu lagi cara mudah menghias dan melengkapi amunisi blog Anda, yaitu dengan menambahkan tombol bookmark dan feed bagi blog dan postingan Anda. Judulnya saja Cara Mudah Membuat Tombol Bookmark dan Feed, jadi kita belum perlu melipat dahi kita oleh karena kerumitan script yang harus diterapkan dalam HTML blogs kita. Cukup beberapa klik dan isian form, maka tombol Bookmark dan Feed yang Anda inginkan, langsung tersedia.

Sebelum melangkah jauh, perlu kita ketahui makna kedua istilah di atas. Bookmark, arti sederhananya adalah penunjuk suatu halaman, penanda. Misalnya Anda browsing internet dan menemukan artikel bagus untuk dibaca, namun tidak punya waktu untuk membacanya saat itu, maka bookmark diterapkan. Kapan-kapan bila ada waktu, ada dapat kembali ke artikel tersebut dengan alamat yang tersimpan di bookmark Anda.Sedangkan pengertian Feed, bisa diartikan sebagai umpan. Bila ada update posting, maka seseorang tidak harus membuka situs/blog tertentu, tetapi cukup menceknya di alamat e-mail yang digunakan untuk mendaftar di suatu situs/blog, untuk mengetahui posting terbaru. (am i right? tolong diluruskan kalo keliru ya).

Kembali ke topik semula. Untuk membuat tombol Bookmark dan Feed, dapat dilakukan cara berikut:

1. Masuk ke situs addthis
2. Pada link kanan atas, klik My Account
3. Isikan data Anda pada bagian Create a Free Account, lalu klik tombol Create Account
4. Pada halaman get your button, silahkan tentukan tombol apa yang ingin Anda aplikasikan pada situs/blog Anda. Jangan lupa untuk menentukan platform blog Anda. Kemudian klik tombol Get Your Free Button
5. Ikuti langkah berikutnya. Adakalanya hanya tersedia script html untuk blog Anda. (Masih ingat cara menambahkan widget pada blog Anda? Jika lupa/belum membaca, silakan baca Menambahkan Widget pada Blogspot). Atau cukup tekan tombol Add the Button to my Blog.
6. Silakan melakukan pengaturan letak tombol lebih lanjut. (Yang saya lakukan adalah pengaturan melalui tab tata letak di elemen halaman).

Mungkin rekan-rekan memiliki informasi lain terkait hal ini, saya tunggu informasi lebih lanjut dari rekan-rekan sekalian.

0 comments:

Post a Comment