Saturday 20 August 2011

Asal Usul Tux sebagai Maskot Linux

Tahukah anda nama pinguin lucu menggemaskan yang sering kita lihat dan menjadi maskot Linux? Ya namanya adalah Tux.

Konon nama maskot linux atau Tux ini berasal dari kata Torvald + Unix sehingga menjadi Tux. Linus Torvald sendiri adalah sang perintis pengembangan Kernel Linux yang sedari muda senang sekali mengoprek sistem operasi Unix.

Begitu juga penamaan Linux yang merupakan gabungan dari Linus + Unix. Heu. Om Linus memakai nama pada semua karyanya. Narsis yahh icon smile Asal Usul Pinguin Maskot Linux

Ada sebuah kisah lagi, yang entah benar atau tidak, tentang mengapa sesosok pinguin yang dijadikan Torvalds sebagai logo Linux, karyanya tersebut. Konon pada suatu hari Torvalds pernah dipatuk oleh seekor pinguin saat berjalan-jalan di taman Perth, Australia.

Setelah dipatuk, ia pun menjadi demam selama berhari-hari. Sehingga Torvalds selalu mengingatnya. Kemudian ia berpikir bahwa pinguin ini cocok digunakan sebagai logo Linux.

Dengan badan pinguin yang gemuk, tersenyum, lucu, menggemaskan dan digambarkan sedang beristirahat, akhirnya Tux dipilih sebagai maskot Linux. Sedangkan bentuk logo Tux yang digunakan secara ‘resmi’ hingga saat ini adalah buatan karya Larry Ewing.

0 comments:

Post a Comment