Thursday 7 May 2015

Tukaran Link, Bermanfaat atau Justru Merugikan Dalam SEO?


Tukaran Link, Bermanfaat atau Justru Merugikan Dalam SEO?
Tukaran Link, Bermanfaat atau Justru Merugikan Dalam SEO? Sebelum melangkah ke penjelasan, saya akan jelaskan apa itu tukaran link.

Jadi tukaran link adalah pertukaran link blog kemudian menaruh link-link tersebut di sidebar, footer, atau halaman lainnya yang dilakukan oleh 2 blogger atau lebih.

Dan jujur saya pribadi berpendapat bahwa tukaran link itu adalah hal yang sangat tidak disarankan sama sekali dan bahkan aktifitas tukaran link ini tak akan saya lakukan jika saya punya blog.

Saya juga bingung apa tujuan dari tukaran link ini, tapi menurut saya kalau untuk mencari traffic jelas link di sidebar hanya beberapa orang saja yang mau ngeklik.

Kalau untuk mencari backlink pun hanya dari PR n/a (kecuali jika halaman yang diajak tukaran link sudah sudah ber PR itu beda lagi), dan link-link dari PR n/a ini sangat jarang sekali dilirik oleh google.

Sebelum membahas ke dagingnya, saya punya disclaimer dulu bahwa..

Post saya ini bukan untuk menyuruh anda atau mencegah anda melakukan tukaran link, post ini hanya sebagai pembelajaran saja mengenai pertimbangan untuk anda melakukan tukaran link atau tidak.

Tukaran Link, Bermanfaat atau Justru Merugikan Dalam SEO?

Kalau memang tujuan dari tukaran link seperti 2 hal yang saya sebutkan diatas, maka tukaran link memang aktifitas yang salah. Tukaran link sebenarnya haruslah bertujuan untuk kepentingan pengunjung yaitu dengan mereferensikan sebuah situs agar pengunjung dapat mencari info yang lebih lengkap.

Jadi berikut ini pendapat dari saya mengenai kerugian dari tukaran link ini..

Cara Pelaku Bermain Tukar Link, Jujur Atau Tidak??


Kebanyakan dari blogger Indonesia mungkin anda yang sedang membaca artikel ini sifatnya dalam membangun blog adalah curang, saya tidak menuduh dan menghina anda, tapi saya berkata jujur kepada anda.

Jika dibandingkan dengan blogger-blogger luar negeri, menurut saya Indonesia kalah jauh dalam sifat kejujurannya. Karena memang situs yang dimiliki blogger luar sudah teroptimisasi dengan benar, dan jarang sekali blogger luar yang saya lihat situsnya melakukan tukar link.

Berbeda dengan situs-situs Indonesia, hampir setiap saya mencari sesuatu hal lewat google kemudian mengklik salah satu blog, kebanyakan dari situs-situs yang saya klik tersebut menaruh link blog orang di sidebarnya.

Dan ketika saya ngeklik salah satu link, link blog yang saya klik tersebut juga memasang link blog yang sebelumnya sudah saya kunjungi, ini menandakan bahwa 2 blog ini melakukan tukar link.

Saya juga hampir mengklik seluruh linknya, tapi saya juga menemukan beberapa blog yang tidak memasang link blog yang sebelumnya sudah saya kunjungi tersebut. Blogger yang tidak memasang alias sudah menghapus linknya ini tidak jujur atau curang.

Dan kemungkinan ini juga bisa saja terjadi pada anda jika anda nantinya melakukan tukar link..

Efek Jika Salah Satu Pelaku Menghapus Link

Jika salah satu menghapus link, maka akan merugikan 1 blogger yang lain, jelas ini memang sifat yang egois alias mementingkan kepentingan sendiri daripada orang lain.
Pelaku 1 yang link nya dihapus tidak akan dapat backlink lagi karena link sudah dihapus pelaku 2. Disisi lain pula, pelaku 2 masih akan mendapat backlink karena link masih tertancam di pelaku 1.

Tidak hanya tidak dapat backlink juga, link juice halaman blog pelaku 1 juga akan dibagi-bagi dengan link blog pelaku tersebut. Ini sangat merugikan karena jika anda sedang mendalami SEO, keyword-keyword anda kemungkinan bisa turun karena pembagian link juice yang kurang bagus untuk tiap halamannya. Kecuali jika link blog pelaku 2 yang masih terpasang di blog 1 menggunakan rel Nofollow, maka aman-aman saja.

(Nanti anda akan saya ajarkan bagaimana mengatur berapa inbound link, oubound link tiap halamannya dan mana seharusnya halaman yang dikasih nofollow atau dofollow di postingan selanjutnya jika saya punya kesempatan). 

Tidak di backlink juga, di traffic juga berpengaruh, karena link sudah hilang maka pelaku 1 tidak akan mendapat traffic lagi. Tapi pelaku 2 masih akan tetap kebagian traffic walaupun sedikit karena link masih aman tertancap di blog pelaku 1.

Efek Buruk Mengalirkan Link Juice Yang Tidak Benar

Itu masih kerugian kecil, karena link pelaku 2 masih terpasang di blog pelaku 1 dan beraliran dofollow, maka jelas backlink pelaku 1 akan dialirkan ke blog pelaku 2 (Poin tergantung pembagian link juice di halaman tersebut).

Dan google tidak suka hal seperti ini, google akan mengira bahwa blog pelaku 1 menyediakan "Paid Links" alias membeli slot link di sidebar, google akan memberikan sanksi berat jika anda ketahuan seperti ini.

Blog anda bisa saja di hantam keras seluruh keyword anda di SERP, bisa juga kena deindex, bahkan yang lebih parah blog anda bisa dihapus. 

Salah Satu Pelaku Tentu Ada Yang Untung dan Buntung


Misalnya saja 2 pelaku tersebut sama-sama bermain jujur yaitu masih memasang linknya, 2 pelaku tersebut juga harus tahu bahwa aktifitas ini akan membagi-bagi link juicenya perhalaman dan pasti antara 2 pelaku tersebut ada yang mendapat keuntungan lebih.

Mengerti maksud saya??

Jika misal saja blog pelaku 1 memiliki pagerank 2, sedangkan pelaku 2 berPR 1, karena PR nya lebih tinggi yang pelaku 1, jelas blog pelaku 2 lebih untung.

Tapi tidak hanya PR saja, Outbound Link juga berpengaruh terhadap pembagian link, jika misal pelaku 1 memiliki OBL 100 sedangkan pelaku 2 memiliki OBL 50, kalau yang ini beda lagi, blog pelaku 1 akan lebih untung.Tukaran link memiliki 2 efek, yaitu efek negatif dan positif.

Efek Positif Aktifitas Tukaran Link

Tukaran link selain memberikan banyak efek buruk, tukaran link juga akan berdampak positif jika kita melakukan tukaran link dengan benar sesuai aturan google yaitu link beraliran nofollow, tidak terlalu berlebihan, dan bertukar link hanya pada blog yang setema saja (bertukar link dengan blog yang setema poin link juicenya juga akan lebih tinggi daripada tidak setema sama sekali). Jika anda sudah melakukan hal yang benar, yang akan anda dapatkan adalah..
  1. Link teman anda terpasang di blog anda beraliran nofollow, dengan begini link juice tiap halaman anda tidak akan mengalir ke halaman teman anda.
  2. Anda akan dapat backlink yang lebih berkualitas karena bertukar link hanya pada blog yang setema.
Jadi, dengan membaca kesimpulan saja diatas, anda bisa tahu bahwa melakukan tukaran link itu sifatnya lebih banyak efek negatifnya daripada positifnya.

Kalau sudah terlanjur bagaimana??

Karena anda tidak ingin tidak bermain jujur dan juga tidak ingin merugikan teman yang anda ajak tukaran link, maka opsi yang bisa saya berikan ada 2 yaitu..
  1. Memindah link-link yang sudah terpasang di sidebar ke 1 halaman kosong yang isi nya adalah link-link anda nantinya. Dengan begini, anda bisa meminimalisir kerugian yang akan dialami teman anda.
  2. Jika anda tidak mau repot-repot memindah satu-persatu link ke halaman kosong, alternatif lain yaitu dengan menofollowkan semua link yang ada di sidebar. Cara ini akan membuat link juice anda tidak mengalir ke halaman blog teman anda, tapi kerugian akan dialami teman anda karena teman anda hanya mendapat backlink Nofollow.
Jadi sekian saja artikel ini, saya harap anda bisa mempertimbangkan apakah melakukan tukaran link atau tidak, itu terserah anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda..
- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/05/apakah-tukaran-link-merugikan-seo.html#sthash.Bp7tQwoP.dpuf

0 comments:

Post a Comment